Kemenag Gelar Pertemuan Bahas Kehalalan Vaksin

Kemenag Gelar Pertemuan Bahas Kehalalan Vaksin

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengagendakan sejumlah pertemuan lanjutan antara kementeriannya dan Kementerian Kesehatan guna membahas kehalalan vaksin dalam tataran teknis.

Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan sepakat untuk membahas kebijakan sertifikasi halal vaksin pada tataran yang lebih teknis, demikian dikutip dari laman kemenag.go.id.

Menag menyatakan komitmennya untuk segera menindaklanjuti audiensi dua kementerian di Jakarta, Selasa, dengan pertemuan-pertemuan lanjutan yang membahas hal-hal teknis terkait kebijakan kedua kementerian ini.

Lukman mengatakan pertemuan-pertemuan lanjutan juga akan membahas persoalan lain seperti sertifikasi halal obat dan alat kesehatan.

“Persoalan vaksin ini pada daerah-daerah tertentu masih menimbulkan persoalan,” kata dia.

Bahkan, lanjut dia, tidak jarang para penghulu yang menjadi garda terdepan Kemenag kerap mendapat pertanyaan dari masyarakat mengenai kehalalan vaksin.

Dalam audiensi Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan pada Selasa, pihak Kemenkes mengeluhkan tentang banyaknya penolakan vaksinasi dari masyarakat, khususnya di sekolah-sekolah. Salah satu penyebabnya adalah adanya kekhawatiran masyarakat akan kehalalan vaksin tersebut.

Kemenkes juga berharap agar Kemenag melalui BPJPH dapat meninjau kembali pencantuman label halal pada obat, vaksin dan alat kesehatan. Kemenkes mengusulkan agar pengaturan halal terhadap obat, produk biologi dan alat kesehatan diatur tersendiri dalam Peraturan Presiden.