Retribusi Pajak Dinilai Sarat Korupsi, Massa GMBI Bikin Ricuh Bekasi

Retribusi Pajak Dinilai Sarat Korupsi, Massa GMBI Bikin Ricuh Bekasi
Ilustrasi
Spread the love

“Dua mobil kacanya pecah dan beberapa anggota Satpol PP terluka akibat lemparan batu dan pemukulan,” kata saksi mata kejadian Diah (50) di Bekasi.

Insiden bentrokan itu pecah sekitar pukul 10.30 WIB saat ratusan massa dari gabungan Organisasi Masyarakat (Ormas) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) terlibat bentrokan fisik dengan puluhan aparat Satpol PP Pemkot Bekasi. Massa yang memaksa masuk ke lingkungan kantor Pemkot Bekasi melalui gerbang sebelah selatan tertahan oleh gerbang yang sengaja ditutup oleh Satpol PP demi keamanan.

Massa yang berpakaian hitam kuning mencoba merobohkan gerbang hingga terlibat bentrokan fisik dengan petugas Satpol PP yang berada di balik gerbang. Dalam insiden itu seorang anggota Satpol PP pria mengalami kesakitan di bagian wajahnya akibat terkena lemparan batu dan menjalani perawatan medis.

Bahkan, sebanyak dua unit mobil pribadi yang terparkir di sekitar Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan juga dirusak massa pada bagian kaca depan dan kaca samping. Sementara itu, aksi demonstrasi yang digelar ratusan anggota GMBI berkaitan dengan protes terhadap upah pungut atau retribusi pajak yang diduga sarat korupsi.