Kungker Jokowi ke Afghanistan Lancar, Paspampres dan Menteri Sujud Syukur

Kungker Jokowi ke Afghanistan Lancar, Paspampres dan Menteri Sujud Syukur

setelah seluruh rangkaian acara kunjungan Presiden Joko Widodo di Afghanistan selesai dan berjalan lancar.

“Alhamdulillah semua lancar,” katanya, lalu sujud syukur bersama Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Mereka bersujud sebagai ungkapan rasa syukur atas kelancaran kegiatan Presiden selama berada di negara yang sedang dilanda konflik itu.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Jakarta, Selasa (30/1/2018), Menteri Luar Negeri dan Komandan Paspampres spontan sujud syukur di Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 ketika rombongan bersiap lepas landas dari Kabul.

Kunjungan Presiden ke Afghanistan sempat diliputi kekhawatiran karena Kabul diguncang ledakan bom yang menewaskan lebih dari 100 orang pada Sabtu (27/1). Tempat ledakan bom berjarak sekitar 500 m dari kantor KBRI di Kabul.

Selain itu, pada Senin, saat Presiden menuju Afghanistan dari Bangladesh, kelompok bersenjata melancarkan serangan fajar di sebuah akademi militer di Kabul.

Dalam kunjungan pertama Presiden RI ke Afghanistan setelah 57 tahun itu, Presiden Joko Widodo menerima “Medal of Ghazi Amanullah” dari Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani di Istana Presiden Arg serta melakukan pertemuan bilateral.