Kemensos Targetkan Penyaluran Bansos Rastra Tuntas Bulan Ini

Kemensos Targetkan Penyaluran Bansos Rastra Tuntas Bulan Ini

Kementerian Sosial (Kemensos) menargetkan penyaluran bantuan sosial (bansos) beras sejahtera (rastra) tuntas pada Februari 2018. Tercatat ada 15,5 juta keluarga penerima bantuan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menteri Sosial Republik Indonesia, Idrus Marham, mengungkapkan pihaknya berusaha memastikan setiap bantuan sampai ke penerima manfaat. Melalui pendamping sosial, para keluarga penerima rastra sejatinya menerima bantuan beras 10 kilogram.

“Kita sudah canangkan Februari ini sebagai bulan tugas bansos. Kita turun ke daerah mengajak segenap Komisi VIII DPR RI untuk memastikan seluruh bansos yang diberikan kepada rakyat dituntaskan,” kata Menteri Idrus, di sela bimbingan pemantapan pendamping sosial di Makassar.

Menteri Idrus mengklaim sejauh ini sudah ada daerah yang penyaluran bansos rastranya mencapai 100 persen. Karena itu, pihaknya optimistis distribusi bantuan secara nasional dapat memenuhi target. Toh, masih ada waktu yang panjang pada Februari ini.

“Sudah ada daerah yang mencapai 90 persen. Masih ada juga yang di bawah itu, tapi ini kak masih tanggal 6 (Februari), kita cukup yakin nantinya semua berjalan dengan baik,” ucap Menteri Idrus yang juga politikus Golkar.

Dalam bimbingan di Makassar, Kemensos melatih 589 tenaga pendamping sosial dari empat provinsi di Pulau Sulawesi. Rinciannya yakni Sulsel, Sulut, Sulteng dan Sultra. Ratusan pendamping sosial itu yang akan bertugas mendistribusi bantuan pangan non-tunai dan bansos rastra kepada masyarakat miskin.