Mubes I, Jefry Tambayong Terpilih Sebagai Presnas Fokan

Mubes I,  Jefry Tambayong Terpilih Sebagai Presnas Fokan
Spread the love

Jakarta – Ketua Garda Mencegah Dan Mengobati (GMDM) Jefry Tambayong terpilih sebagai Presnas Forum Organisasi Kemasyarakatan Anti Narkoba (Fokan) periode 2018 – 2021 pada Mubes I yang di gelar 4-5 Mei 2018 di kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Cawang Jakarta.

Dalam sambutannya Jefri mengatakan akan membawa Fokan menuju kearah yang lebih baik sesuai amanah Mubes.

“Ini tugas berat dalam menjaga marwah Fokan yakni mendukung program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Serta menjalin hubungan baik dengan instansi pemerintah maupun swasta untuk sama-sama menyelamatkan
bangsa Indonesia dari bahaya penyalahgunaan narkoba,”ujar Jefry.

Deputi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Pol. Drs. Dunan Ismail usai membuka Mubes menyatakan Fokan merupakan wadah berhimpun bagi organisasi yang bergerak dibidang P4GN baik itu LSM, Ormas/Perkumpulan atau Yayasan. Fokan dibentuk dan diprakarsai oleh Kepala BNN atas Perintah Undang-Undang No 35 Tahun 2009 Tentang narkotika khususnya pasal 108 tentang Peran Serta Masyarakat.

“Fokan merupakan organisasi kemasyarakatan mitra BNN, yang bergerak dalam upaya P4GN. Sebagai kepanjang tangan BNN Fokan diharapkan bisa membuntu negara bagaimana menggali potensi yang ada di masyarakat, sebagaimana diatur dalam undang-undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,”ujar Dunan.

Dikatakan Dunan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kemampuan pada anggota Fokan, BNN dalam waktu dekat ini akan melakukan pelatihan yang tujuan agar para pengiat
anti narkoba inidapat menjalankan fungsinya sesuai dengan marwahnya dan tujuan
organisasi.

“Dalam waktu dekat BNN akan menerbitkan pedoman bagi para organisasi baik itu LSM,
Yayasan, Ormas ataupun perkumpulan dalam menjalankan fungsinya sebagai pengiat anti narkoba juga akan melakukan pelatihan pada penggiat-pengiat anti narkoba dengan standar yang ada di BNN, eseluruh penggiat akan diklasifikasikan mulai dari tingkat Pratama, tingkat Madya dan seterusnya. masing-masing harus bisa memperlihatkan keterampilannya dalam P4GN,”terang Jenderal Polisi Bintang dua ini.

Sementara mantan Presnas FOKAN Anhar Nasution,SE.MM mengatakan Mubes I Fokan yang diikuti 39 ormas dari 47 organisasi di seluruh Indonesia. Selain untuk memilih Ketua dan Pengurus baru, Mubes juga dimaksudkan untuk menguatkan kembali komitmen ormas bersama pemerintah agar menjadikan energi dahsyat dalam rangka menekan dan memerangi penyalahgunaan narkoba.(l5)