Realisasi Pajak Hotel Manado Capai Rp11,7 Miliar

Realisasi Pajak Hotel Manado Capai Rp11,7 Miliar
Spread the love

Realisasi penerimaan pajak hotel di Kota Manado mencapai Rp11,73 miliar periode Januari hingga April tahun 2018.

“Realisasi pajak hotel tersebut mencapai 47,9 persen dari target induk tahun ini sebesar Rp24,5 miliar,” kata Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Manado, Harke Tulenan, melalui Kepala Bidang Pembukuan dan Pelaporan, Esther Mamarimbing, di Manado.

Dia menyebutkan, secara rinci pada Januari lalu, PAD dari pajak hotel terealisasi sebesar Rp3,32 miliar, kemudian Februari sebesar Rp2,54 miliar, Maret Rp2,96 miliar dan April sebesar Rp2,89 miliar.

Menurut Esther dengan realisasi dalam empat bulan yang sudah mencapai 47,90 persen, pihaknya optimis pendapatan daerah akan terus naik dan itu menunjukan tren perekonomian yang membaik.

Esther mengatakan, pajak hotel memang menjadi primadona pendapatan daerah selama ini, karena selalu menyumbangkan PAD di atas target setiap tahunnya.

“Bahkan pada saat target dinaikkan, pada perubahan APBD, pajak hotel selalu bisa dicapai, dan itu disebabkan oleh perkembangan pariwisata di Manado yang membaik dalam beberapa tahun terakhir,” kata Esther.

Secara luas dia menjelaskan, capaian PAD dari sektor pajak hotel terus membaik, karena tingginya angka kunjungan wisata di Manado dalam beberapa tahun terakhir.