Sawit Sumbang Rp177 Triliun untuk Negara

Sawit Sumbang Rp177 Triliun untuk Negara
Spread the love

Hasil industri sawit diklaim masih memberikan kontribusi besar kepada devisa Indonesia atau sebesar Rp177 triliun di tahun 2017.

“Sawit masih memberikan kontribusi besar mendatangkan devisa sehingga pemerintah juga terus berupaya agar industri komoditas itu berjalan lancar,” ujar Deputi Bidang Pangan dan Pertanian Kementerian Perekonomian, Musdalifah saat pembukaan Indonesia Palm Oil Stakeholder Forum (IPOS Forum) ke-3 di Medan, Senin (24/9/2018).

Apalagi, katanya, selain devisa yang cukup besar, sektor itu menyerap tenaga kerja yang banyak atau lebih 17,5 juta orang. Untuk itu, kata dia, usaha tersebut harus dijaga secara bersama-sama khususnya dengan cara menjadikan bisnis berkelanjutan. Musdalifah mengakui, Sumut berperan besar juga dalam perkembangan usaha sawit nasional.

Menurut dia, dari Rp177 triliun total devisa sawit nasional, 16 persen di antaranya merupakan sumbangsih dari Sumut.

“Melihat masih besarnya potensi pasar, maka pemerintah optimistis, komoditas itu memberikan pengaruh positif bagi perekonomian Imdonesia,” katanya.

Potensi pasar yang cukup bagus itu terlihat dari penerapan kebijakan B-5 yang perlahan mampu mendongkrak ekspor CPO Indonesia

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below