Caleg Perindo Divonis Hukuman Percobaan, David Rahardja : Akan Perbaiki Kesalahan Berkampanye

Caleg Perindo Divonis Hukuman Percobaan, David Rahardja : Akan Perbaiki Kesalahan Berkampanye

Jakarya – Caleg DPRD DKI Jakarta dari Partai Perindo David H. Rahardja yang terjerat perkara dugaan tindak pidana pemilu yang telah melakukan pembagian minyak goreng saat kampanye kini bisa bernapas lega.

David dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana pemilu karena membagikan minyak goreng saat kampanye. Perbuatannya masuk dalam tindak pidana politik uang, sebagaimana diatur dalam Pasal 523 ayat (1) juncto Pasal 280 ayat (1) huruf j UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Hakim Ketia Taufan Mandala menyatakan David bersalah dan memvonisnya dengan hukuman kurungan enam bulan penjara serta denda Rp 5 juta subsider satu bulan penjara dengan masa percobaan selama 10 bulan.

“Menjatuhkan terdakwa pidana selama enam bulan penjara dan denda Rp 5 juta. Dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak bayar akan diganti dengan pidana satu bulan,” kata Taufan saat membacakan amar putusan.

Dikesempatan yang sama,kuasa hukum Ricky Margono menyampaikan menerima keputusan vonis hakim yang menjatuhkan hukuman dengan masa percobaan.

“Kami sangat menyambut baik karena klien kami David meskipun ada kesalahannya dan ini menjadi pelajaran Kuta semua untuk kedepannya mentaati peraturan”,ujarnya.

Sementara David pun menerima putusan hakim yang menjatuhkan hukuman masa percobaan dan denda.

“Saya menerima keputusan itu, karena saya mengakui adanya kelalaian sehingga diputuskan bersalah”,ungkap David.

Ia juga menyampaikan untuk tidak lagi mengulangi kesalahan tersebut dikemudian hari dalam masa kampanyenya yang tidak memberitahu kegiatan kepada pengawas pemilu sebagai pelanggaran administratif.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below