Peduli Desa, Bangun Balkondes untuk Tingkatkan Sektor Wisata

Peduli Desa, Bangun Balkondes untuk Tingkatkan Sektor Wisata
Spread the love

PT Pertamina (Persero) Wilayah Kalimantan mengenalkan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringin Putih, yang dibangun di kawasan destini wisata di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Region Manager Communication and CSR Pertamina Kalimantan, Yudi Nugraha di Yogyakarta, Minggu (2/12/2018), mengatakan Balkondes Wringin Putih berada di kawasan Candi Borobudur dibangun atas program kepedulian Pertamina, yang kini menjadi salah satu pilihan destinasi bagi wisatawan yang menginginkan nuansa liburan di pedesaan.

Dengan fasilitas penginapan, ruang pertemuan hingga kuliner khas setempat tak jarang lokasi ini menjadi lokasi pilihan gathering organisasi dan perusahaan, atau pun pengunjung perorangan, katanya.

“Kunjungan kami bersama 43 jurnalis se-Kalimantan ke Balkondes Wringin Putih guna merasakan langsung pengalaman berlibur di sini yang merupakan bagian dari kegiatan Media Gathering Pertamina Region Kalimantan Tahun 2018,” ujarnya.

Ia menyatakan, kegiatan ini merupakan event tahunan sebagai upaya untuk menciptakan sinergi antar Pertamina dan awak media, yang sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini yakni sinergi dalam harmoni.

“Setiap tahunnya kami coba untuk berikan konsep yang berbeda. Tahun ini kami angkat sinergi dalam harmoni sebagai tema dengan kegiatan utama terpusat di Balkondes Wringin Putih yang merupakan program CSR Pertamina dan melambangkan sinergi Pertamina dengan masyarakat,” kata Yudi.

Ia menambahkan, kawasan Balkondes ini dibangun pada tahun 2016 sebagai bagian dari program pengembangan Balkondes milik Kementerian BUMN. Di sekitar wilayah ini terdapat 20 Desa yang menjadi lokasi pengembangan Balkondes oleh perusahaan BUMN dan Pertamina yang ditugaskan khusus untuk membangun dan menjadi pembina di Desa Wringin Putih.

“Sejak awal pencanangan hingga rampungnya program, Pertamina membantu secara penuh pendanaan pembangunan fisik Balkondes termasuk 10 bangunan homestay dengan total 20 kamar yang ada di dalamnya,” kata Yudi.

Yudi berharap, dengan program tersebut dapat menciptakan multiplier effect atau berdampak khususnya secara aspek ekonomi bagi masyarakat.

Sementara itu, Cahyo Seno Aji dari tim Aktivasi Balkondes Wringin Putih yang ditunjuk khusus oleh Pertamina mengatakan, Balkondes ini dikembangkan untuk menciptakan kawasan wisata dengan pendekatan komunitas masyarakat sekitar atau yang lebih dikenal dengan istilah Community Based Tourism (CBT).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below