Nadiem Makarim Beberkan Rahasia Kesuksesan Bangun Go-Jek

Nadiem Makarim Beberkan Rahasia Kesuksesan Bangun Go-Jek
Spread the love

CEO Go-Jek, Nadiem Makarim membeberkan rahasia untuk membangun startup dengan kemampuan scalable yang tinggi pada acara Google for Indonesia, di Ciputra Artpreneur, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Menurut Nadiem, hal pertama untuk menciptakan startup inovatif seperti Go-Jek, jangan terlalu mendengarkan saran para ahli. Ia mengatakan, yang terpenting memulai langkah berdasarkan insiatif dan ide sendiri.

“Jika saya harus memilih, lebih baik melakukan sesuatu yang saya inginkan daripada melakukan yang orang lain bilang. Jadi, pada awalnya kita perlu memulai langkah sesuai keinginan sendiri, baru setelah itu mendengarkan saran orang lain,” jelas Nadiem kepada para hadirin di acara Google ini.

Kedua, jadilah diri sendiri. Lakukan pekerjaan dengan ketekunan tinggi dan keinginan untuk menyelesaikan masalah.

Ia menambahkan, “Jangan mencoba menjadi orang lain. Mereka yang berhasil selalu berusaha menyelesaikan masalah dengan hasrat dan ketekunan tinggi dan tidak menjadi orang lain.”

Kemudian, yang terakhir, lakukan eksperimen untuk menguji kebenaran informasi yang diterima. Meskipun informasi itu diterima dari mentor Anda.

“Sebagian orang tidak mengerti informasi dan hal yang mereka terima. Lakukanlah eksperimen, uji kebenaran dari informasi tersebut, termasuk yang berasal dari mentor Anda sendiri,” kata Nadiem.

Pada acara Google for Indonesia, Nadiem turut diundang untuk mengisi talk show bersama Vice President of Product Management sekaligus General Manager of Payments and Next Billion Users Initiative Google, Caesar Sengupta. Topik yang dibahas seputar taktik dan rahasia Go-Jek berkembang menjadi salah satu unicorn di Indonesia.

Valuasi startup yang berdiri sejak 2010 itu diisukan telah mencapai angka US$9 miliar atau setara dengan Rp128,6 triliun. Belum lama ini, Go-Jek melakukan ekspansi ke Vietnam dengan brand Go-Viet. Targetnya, pada akhir tahun ini mereka juga akan masuk ke pasar Singapura.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below