Robot Makin Berkembang, Masyarakat Indonesia Tetap “Tak Gentar” Jadi Pekerja dan Wirausaha

Robot Makin Berkembang, Masyarakat Indonesia Tetap “Tak Gentar” Jadi Pekerja dan Wirausaha
Spread the love

Meskipun semakin banyak laporan yang memprediksi munculnya robot dan membuat orang kehilangan pekerjaan, pekerja di kawasan Asia-Pasifik tetap yakin dalam mencapai kemajuan karier. Ada keinginan kuat di antara mereka untuk membangun bisnis mereka sendiri, memperoleh keterampilan baru dan tetap relevan, kata Indeks Peluang perdana LinkedIn, yang dirilis akhir bulan lalu.

Indeks, yang didasarkan pada survei terhadap lebih dari 11.000 responden di sembilan pasar, bertujuan untuk memahami aspirasi orang-orang di seluruh wilayah, dengan penekanan pada peluang apa yang penting bagi mereka, dan rintangan yang mungkin menghalangi mereka.

Sembilan dari 10 pekerja di seluruh wilayah percaya bahwa “ketekunan adalah kunci untuk maju dalam hidup, diikuti dengan memiliki koneksi yang tepat atau mengenal orang yang tepat, dan memiliki akses yang sama terhadap peluang”, jelas laporan tersebut.

Biarkan angka bicara

Ditemukan bahwa pekerja di dua pasar yang berkembang pesat, Indonesia dan India, adalah yang paling optimis tentang peluang karier mereka, sementara mereka yang berada di pasar yang lebih maju di Singapura, Australia, Hong Kong, dan Jepang kurang berharap tentang prospek mereka. Pertumbuhan PDB riil Indonesia dan India, menurut Dana Moneter Internasional (IMF), masing-masing adalah 5,1 dan 7,3.

Laporan ini berpendapat bahwa orang-orang di pasar negara maju tidak begitu percaya diri karena mereka memiliki kekhawatiran tentang prospek ekonomi pasar, dan “umumnya merasa lebih berhati-hati tentang peluang mereka untuk mengakses dan mencapai kesuksesan dengan peluang yang relevan bagi mereka.

Di India, ekonomi start-up terbesar ketiga di dunia, 74 persen pekerja percaya bahwa keterampilan mereka sangat dibutuhkan di pasar kerja saat ini, sementara di Indonesia (pada 34 persen) dan Filipina (pada 29 persen) juga menyatakan keinginan kuat untuk berwirausaha.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below