Pekalongan-Balikpapan Kerja Sama Pasarkan Produk UMKM

Pekalongan-Balikpapan Kerja Sama Pasarkan Produk UMKM

Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, bekerjasama dengan Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur untuk saling memasarkan produk usaha mikro, kecil, dan menengah pada dua daerah itu.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, di Pekalongan, Minggu, mengatakan bahwa Kota Balikpapan merupakan pintu masuk perdagangan dan banyak pelaku usaha Pekalongan yang menetap di sana sehingga hal ini akan memberikan peluang produk UMKM dipasarkan.

“Kerja sama ini nantinya produk-produk UMKM Balikpapan bisa dijual di Kabupaten Pekalongan, begitu pun sebaliknya. Hal ini, kami lakukan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menjajagi membuka pasar produk UMKM,” katanya.

Menurut dia, beberapa produk unggulan di Kabupaten Pekalongan antara lain kerajinan batik yang sudah terkenal di seluruh dunia.

Kerajinan batik berasal dari Pekalongan ini, kata dia, juga sudah dipasarkan ke mancanagera seperti Rusia, Jepang, Aamerika, bahkan ke sejumlah negara di Eropa.

Ia mengatakan kerajinan batik Pekalongan memiliki keunggulan komperatif dan kompetitif, terutama dalam pengembangan industri batik.

Selain itu, kata dia, kerajinan batik ini memiliki signature warna cerah dan bermotif flora (tumbuhan) dan fauna (hewan).

Ia menambahkan tujuan kerja sama ini adalah untuk membangun “spirit” masing-masing dengan tetap mempertahankan kearifan lokal daerah, terutama pada pembinaan industri atau kerajinan batik yang sudah ada.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below