Persija atau PSM Makassar yang Juara?

Persija atau PSM Makassar yang Juara?

Persija Jakarta dan PSM Makassar di ambang juara sepak bola Liga 1 Indonesia walaupun secara matematis Persija lebih diunggulkan. Dengan poin 59, Persija kini unggul satu poin atas pesaing terdekatnya PSM Makassar. Kedua tim sama-sama akan menyelesaikan pertandingan terakhir pada hari Minggu (9/12/2018) sore ini.

Dipastikan bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Persija akan menjamu Mitra Kukar yang kini menduduki posisi 14 dengan 39 poin. Sementara PSM akan memakai Stadion Andi Mattalatta, Makassar, untuk menjamu PSMS Medan yang menduduki posisi juru kunci klasemen sementara dengan 37 poin.

Kedua tim sudah sama-sama haus gelar sebab sudah lebih dari 15 tahun belum pernah menjadi juara nasional. Persija terakhir kali menjadi juara Liga Indonesia pada 2001, sementara PSM menjadi kampiun pada tahun 2000. Karena keduanya berpeluang juara, panitia menyiapkan dua replika piala Liga 1 Indonesia yang akan diserahkan kepada tim juara.

Kalau menang atas Mitra Kukar, Persija dipastikan akan juara dengan 62 poin. Sebesar apapun kemenangan PSM atas PSMS Medan tidak akan berpengaruh apapun sebab maksimal poin yang bisa diraih PSM hanya 61 poin.

Bagaimana kalau kalah atau draw? Persija akan tetap juara meski imbang melawan Mitra Kukar dengan catatan PSM juga seri atau kalah dari PSMS. Dengan posisi ini, Persija mendapat 60 poin sedangkan PSM 59 poin (seri dengan PSMS) atau 58 poin (kalah dari PSMS).

Kalau kalah dari Mitra Kukar? Persija akan tetap akan juara meski kalah dari Mitra Kukar dengan catatan PSM imbang melawan Mitra Kukar. (Persija dan PSM sama-sama mengumpulkan 59 poin sebab Persija masih unggul dalam selisih gol).

Nah, PSM akan juara kalau menang dari PSMS Medan dan pada saat yang sama Persija kalah atau seri dengan Mitra Kukar. PSM akan mengumpulkan 61 poin, sementara Persija akan mengumpulkan 60 (seri) atau tetap 59 poin (kalah). Maka, dapat dipastikan pertandingan sore ini akan berlangsung sangat seru.

Adapun, bagi Mitra Kukar pertandingan sore ini juga akan menjadi laga hidup mati. Saat ini Mitra Kukar bertengger di peringkat ke-14 dengan 39 poin. Jumlah poin yang dimiliki tim Naga Mekes ini sama dengan Perseru Serui, Sriwijaya FC, dan PS Tira, yang masing-masing berada di tempat ke-15, 16, dan 17. Alhasil, pilihannya Mitra Kukar wajib menang untuk menghindari degradasi dan bisa tetap bertahan di Liga 1.

PSMS Medan juga akan bertanding habis-habisan. Walaupun saat ini PSMS Medan (37 poin) menjadi tim dengan peringkat terbawah (ke-18). Di atas PSMS ada empat tim yang mengoleksi poin 39 yakni Mitra Kukar (posisi 14), Perseru Serui (15), Sriwijaya FC (16), dan PS Tira (17).

Di atas kertas, tim Ayam Kinantan masih bisa lolos dari jerat degradasi asalkan bisa menang atas PSM. Selain itu, PSMS juga harus berharap dua dari empat tim dengan poin 39 itu mengalami kekalahan pada laga pamungkas. Kita lihat sore ini. Selamat menyaksikan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below