Menjelajahi Seoul dengan Orang Tua: Tips Aplikasi, Transportasi, dan Tempat Wisata Terbaik

Menjelajahi Seoul dengan Orang Tua: Tips Aplikasi, Transportasi, dan Tempat Wisata Terbaik


Lintas5.com - Pengalaman di Seoul dengan membawa orang tua yang sudah lebih dari 80 tahun tentu memberikan perspektif yang berbeda dan menarik, terutama dalam hal logistik dan kenyamanan. Berikut ini beberapa poin penting yang bisa diambil:


Aplikasi Taksi dan Transportasi

Tiga aplikasi taksi yang bisa digunakan di Seoul adalah Kakao Taxi, IM, dan Uber. Meskipun praktis, aplikasi ini memiliki keterbatasan, seperti tidak dapat memanggil taksi dari semua titik lokasi, sehingga perlu memperhatikan titik pick-up yang ditentukan oleh sistem.


Disarankan untuk menghindari memanggil taksi langsung di jalan karena tarif bisa lebih mahal jika melewati area macet.


Jika menggunakan subway, perlu diingat bahwa tidak semua stasiun memiliki lift atau eskalator di setiap exit, yang bisa menjadi tantangan bagi orang tua.


Aplikasi Navigasi

Wajib mengunduh aplikasi Papago dan Naver Map karena Google Maps tidak akurat di Korea Selatan. Namun, Naver Map juga memiliki kekurangan karena cenderung mengalami keterlambatan dalam menunjukkan posisi secara real-time, yang bisa menyulitkan ketika memanggil taksi.


Pembelian Tiket

Ketika membeli tiket untuk Lotte World atau Everland, pastikan untuk mendapatkan barcode di email, karena barcode inilah yang akan discan oleh pihak theme park.


Baca juga: Petualangan di Li Jiang: Menikmati Keindahan Jade Dragon Snow Mountain


Pengelolaan Uang

Biaya tarik tunai di ATM adalah KRW 4.000, dan banyak money changer tersebar di daerah Myeongdong. Penting untuk membandingkan rate sebelum menukar uang, karena ada yang menawarkan rate lebih baik.


Area Wisata Populer

Beberapa area yang menarik untuk dikunjungi adalah Myeongdong, Dongdaemun, Gangnam, Hongdae, dan Shincon, yang semuanya terhubung dengan bus atau subway. Menggunakan TMoney sangat disarankan untuk kemudahan pembayaran.


Belanja Murah

Untuk belanja murah, Gotomall di distrik Gangnam adalah pilihan terbaik, dengan harga antara KRW 2.000-40.000. Namun, pembayaran di Gotomall kebanyakan harus cash, dan beberapa toko menambahkan biaya 10% jika menggunakan kartu kredit.


Pasar Malam

Menginap di area Dongdaemun sangat disarankan jika ingin berkunjung ke pasar malam seperti APM Luxe, APM Place, Pyeounghwa Fashion City, dan DDP, karena mereka buka dari jam 8 malam hingga 5 dini hari.


Kawasan Kuliner

Mangwon dan Gwangjang Market menawarkan makanan khas seperti sashimi cumi mentah dan daging mentah. Jika tidak menyukai makanan mentah, sebaiknya hindari pasar ini.


Air Minum

Air keran di Korea Selatan bisa diminum, dan banyak restoran menyediakan air minum gratis. Ini bisa menjadi cara untuk menghemat uang dibandingkan membeli air botol di mini market.


Street Food

Myeongdong adalah tempat yang ramai untuk menikmati street food di malam hari, dengan banyak pilihan makanan dan toko-toko yang menawarkan tax refund, jadi jangan lupa membawa paspor.


Kosmetik

Untuk membeli kosmetik, Chicor dianggap memiliki harga yang lebih bersaing dibandingkan Olive Young.


Aturan Restoran

Banyak restoran di Korea Selatan menetapkan aturan bahwa setiap orang harus memesan satu main course, jadi jika ingin makan ramai-ramai dengan biaya lebih hemat, street food, food court, atau mini market bisa menjadi pilihan.


Colokan Listrik

Colokan listrik di Korea Selatan sama dengan di Indonesia, sehingga adaptor tidak diperlukan. Voltase juga sama, yaitu 220V.


Proses Pengurusan Visa

Bagi warga Surabaya yang harus mengurus visa melalui agen, Can Holiday di Wisma Permai adalah pilihan dengan tarif termurah se-Surabaya, yaitu Rp 1,2 juta per orang.


Transportasi dari Bandara

Jarak antara Incheon dan Seoul sekitar 1,5 jam dengan taksi, dengan biaya KRW 76.000. Alternatifnya adalah menggunakan bus atau subway. Sementara jarak Myeongdong ke Gimpo sekitar 1 jam dengan taksi, dengan biaya sekitar KRW 46.000.


Informasi ini sangat berguna bagi siapa saja yang berencana mengunjungi Seoul, terutama yang bepergian dengan orang tua atau ingin menghindari area wisata yang terlalu umum. Terima kasih telah berbagi!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama