Temui GNPF MUI, Citra Jokowi Anti Islam Terbantahkan

By: On:
Temui GNPF MUI, Citra Jokowi Anti Islam Terbantahkan

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio memberikan apresiasi atas pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI).

“Tentang pertemuan Presiden dengan GNPF-MUI ini positif bagi Indonesia. Presiden mengambil langkah yang tepat bila mengambil jalan musyawarah dengan GNPF apalagi bila membahas kedatangan HRS (Habib Rizieg Shihab),” kata Hendri di Solo, Jawa Tengah, Senin malam (26/6/2017).

Menurutnya, dampak dari pertemuan tersebut memberikan hasil positif buat Indonesia dan juga positif untuk pencalonan Presiden di periode kedua 2019, terutama tentang pribadi yang dicitrakan bersebrangan.

“Momen Lebaran 2017 ini kemungkinan besar dimanfaatkan Presiden yang mulai menyadari bahwa citra Presiden yang dianggap bersebrangan dengan mayoritas pemeluk agama yang makin menggerus elektabilitas Presiden,” katanya.

Namun, ia juga menilai bila pertemuan ini tidak ditindaklanjuti maka kemungkinan besar akan makin turun citranya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menerima kedatangan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Bachtiar Nasir beserta pengurus lainnya dalam rangka silahturahmi Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Dalam menerima pengurus GNPF-MUI ini, Presiden didampingi Menko Polhukam Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Ini adalah menerima silahturahmi dari Pak Nasir dan kawan-kawan. Jadi ini atas permintaan mereka,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (ant)