Selama Ramadhan, Posisi IHSG Menguat

Selama Ramadhan, Posisi IHSG Menguat

Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode bulan puasa atau 29 Mei hingga 22 Juni 2017 menguat sekitar 2,05 persen menjadi 5.829,70 poin.

“Jadi, pendapat yang mengatakan periode bulan Ramadhan, biasanya IHSG bergerak turun tidak tepat,” ujar Analis Indosurya Mandiri Sekuritas William Surya Wijaya di Jakarta, Senin (26/6/2017).

Ia mengemukakan bahwa pada tahun 2012 hingga 2016 IHSG cenderung mengalami penguatan. Kemudian pada tahun 2017 ini, IHSG melanjutkan penguatannya.

“Pada 2017 ini, IHSG pun mengalami penguatan,” ucapnya.

Menurut dia, pergerakan IHSG memfaktorkan kondisi ekonomi domestik dan global. Sentimen ekonomi nasional yang kondusif menjadi faktor utama penopang IHSG pada tahun ini meski dibayangi sentimen negatif global seperti konflik geopolitik global di semenanjung Korea dan Timur Tengah, serta kenaikan suku bunga Amerika Serikat (Fed Fund Rtae). “Predikat ‘investment grade’ yang diberikan Standard & Poor’s (S&P), serta data-data ekonomi nasional yang membaik di sepanjang tahun ini menjadi faktor utama bagi IHSG untuk bergerak naik,” katanya. (ant)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below