DPR: Wacana Gunakan Dana Haji untuk Pembangunan Tidak Tepat

By: On:
DPR: Wacana Gunakan Dana Haji untuk Pembangunan Tidak Tepat


Anggota Komisi II DPR Yandri Susanto menyoroti wacana tentang kebijakan yang ingin menginvestasikan dana haji untuk pembangunan infrastruktur dan menganggap hal tersebut sebagai langkah yang tidak tepat.

“Dana haji milik umat dan sebaiknya pemerintah mengajak umat menggunakan dana yang sejatinya dipergunakan untuk umat,” kata Yandri Susanto di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Menurut dia, pemerintah seharusnya berbicara dan duduk bersama terlebih dahulu terhadap berbagai organisasi perwakilan umat yang representatif.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mencontohkan, ada Nadlatul Ulama, Muhammadiyah, dan komponen umat Islam lainnya.

Hal tersebut, lanjutnya, agar kebijakan yang diambil tidak kontradiktif atau kontroversial di tengah-tengah masyarakat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginginkan dana haji dapat dioptimalkan guna mendorong pembangunan seperti untuk infrastruktur jalan tol yang dinilai tidak akan merugi.

“Yang namanya jalan tol tidak akan rugi, tidak akan hilang,” kata Presiden saat berbicara dalam acara Komite Nasional Keuangan Syariah yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/7/). (Ant)