Ayoo Ke Papua, Bupati Jayawijaya Ajak Tonton Festival Lembah Baliem

Ayoo Ke Papua, Bupati Jayawijaya Ajak Tonton Festival Lembah Baliem

Jakarta – Inilah festival luar biasa dan telah menjadi daya tarik pengunjung atau wisatawan lokal maupun manca negara ke provinsi Papua yang kali ini terselenggata ke 28 kalinya.

Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo mengatakan festival ini untuk menjaga peninggalan leluhur di daerah jaya wijaya.

“Budaya lembah baliem ini upaya kami melestarikan peninggalan leluhur yang mulai kini terkikis seiring dengan perkembangan zaman”, ujar Bupati Kabupaten Jayawijaya saat memberikan keterangan pers kepada awak media di jakarta,(28/7/2017).

Menurutnya agar dapat dilihat dan dapat di nikmati oleh masyarakat jayawijaya dan papua khusubya serta bangsa indonesia pada umumnya.

Dalam kesempatan yang sama, kepala dinas pariwisata kabupaten jayawijaya menyampaikan sebuah harapan dari pelaksanaan festival budaya Lembah Baliem 2017 akan mendorong minat tingkat wisatawan agar meningkat.

” target tahun ini tentunya berharap adanya peningkatan jumlah wisatawan dari tahun 2016 kemaren yang akan menggerakan perekonomian masyarakat setempat”,tegasnya.

Di tahun lalu jumlah wisatawan nusantara yang hadir 41.275 wisatawan sedangkan wisatawan berasal dari mancanegara sebesar 1.750.

Perlu di ketahui Festival Lembah Baliem awalnya merupakan acara perang antarsuku Dani, Lani, dan Suku Yali sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan. Sebuah festival yang menjadi ajang adu kekuatan antarsuku dan telah berlangsung turun temurun namun tentunya aman untuk Anda nikmati.

Dalam Festival Lembah Baliem yang ke 28 ini lanjut ketua panitia Gemiantoro Rahardjo mengatakan berlangsung festival ini selama empat hari dan diselenggarakan setiap bulan Agustus bertepatan dengan bulan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Ada katagori baru selain dari katagori yang biasanya seperti pemecahan rekor Muri untuk katagori lempar 1000 sege yang merupakan tombak tradisional suku dani dan lomba foto dengan jutaan hadiah bahkan juga akan menampilkan atraksi utama lembah bahliem”, tutup ketua panitia.(l5/slh)