Darmin Yakin Penyederhanaan Lartas Kurangi Dwelling Time

By: On:
Darmin Yakin Penyederhanaan Lartas Kurangi Dwelling Time

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan bahwa penyederhanaan larangan terbatas (lartas) dalam tata niaga dapat mengurangi waktu tunggu bongkar muat barang di pelabuhan dwelling time.

“Lartas itu lebih banyak urusan timing dan cost. Jadi dwelling time juga akan turun,” kata Darmin ditemui usai rapat koordinasi mengenai tata niaga di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Darmin mengaku belum mengetahui secara pasti mengenai seberapa besar angka penurunan dwelling time ketika lartas berhasil disederhanakan.

“Itu kan tata niaga kita banyak sekali (lartas). Kami harus turunkan besar-besaran,” kata dia.

Menurut Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI) 2017, saat ini dari total 10.826 HS code (harmonized system) atau daftar penggolongan barang, 5.299 HS code di antaranya merupakan lartas. Salah satu poin Paket Kebijakan Ekonomi Tahap XV adalah melakukan perbaikan logistik nasional untuk mempermudah dan mempercepat arus barang di pelabuhan melalui penyederhanaan tata niaga. Hal tersebut dilakukan melalui pengurangan lartas di border dari semula 49 persen menjadi sekitar 19 persen yang ditargetkan tercapai pada Oktober 2017

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below