Perburuan Medali Emas Usai SEAG Dibuka

By: On:
Perburuan Medali Emas Usai SEAG Dibuka

Sebanyak 21 medali emas dari 10 cabang olahraga akan diperebutkan oleh peserta kejuaraan SEA Games (SEAG) 2017 yang dilaksanakan secara serentak di beberapa tempat di Kuala Lumpur, Malaysia dan sekitarnya Minggu (20/8/2017).

Kontingen Indonesia yang dipimpin oleh CdM Aziz Syamsuddin juga akan terlibat langsung dalam perburuan medali emas itu. Sedikitnya ada tujuh cabang olahraga yang menjadi incaran Indonesia untuk menambah pundi-pundi emasnya.

Cabang olahraga yang berpeluang menambah pundi emas bagi Indonesia adalah polo air putra yang bertanding di National Aquatic Centre Bukit Jalil. Selanjutnya adalah dari cabang olahraga bowling. Ada nama Ryan Leonard Lalisang yang akan menjadi andalan.

Senam di MITEC hall 10 diharapkan juga bisa menyumbangkan medali. Pada hari pertama setelah kejuaraan dua tahunan ini dibuka secara resmi, cabang wushu akan menjadi tumpuan Indonesia meraih medali karena ada lima emas yang akan diperebutkan. Pertandingan digelar di KLCC.

Sebelumnya ketua umum Pengurus Besar Wushu Indonesia Airlangga Hartarto menargetkan cabang olahraga beladiri meraih tiga medali emas. Hal ini didasarkan pada kemampuan atlet, seperti Achmad Hulaefi hingga Juwita Niza Wasni.

Panahan yang menjadi penyumbang emas pertama bagi kontingen Indonesia juga kembali memperebutkan medali emas nomor recurve. Indonesia berpeluang menambah emas dari Ika Yuliana hingga Riau Ega.

Renang indah yang sebelumnya mendapatkan perunggu juga berpeluang menambah medali karena hari ini ada satu nomor final yang dipertandingkan. Di nomor ini persaingan bakal ketat termasuk berhadapan langsung dengan tuan rumah Malaysia.

Selain nomor final, beberapa cabang olahraga yang menjadi perhatian juga mulai bertanding. Sebut saja basket putra yang akan mengawali pertandingan dengan menghadapi Vietnam dan tim putri bakal menghadapi Myanmar di MABA Stadium Kuala Lumpur.

Sepak bola juga akan menjalani pertandingan ketiga. Anak asuh Luis Milla ini akan menghadapi Timor Leste di Stadion Selayang. Kemenangan wajib diraih demi merebut tiket melaju ke babak semifinal.

Saat ini Indonesia berada diposisi empat dengan raihan dua emas, dua perak dan empat perunggu. Untuk posisi puncak diduduki tuan rumah Malaysia dengan tujuh emas, empat perak dan lima perunggu. (RKA/Ant)