ATM Alami Gangguan Satelit, BI Antisipasi Pakai Cara ini

By: On:
ATM Alami Gangguan Satelit, BI Antisipasi Pakai Cara ini

Bank Indonesia (BI) mengklaim saat ini perbankan dan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk terus melakukan upaya pemulihan sejumlah jaringan mesin ATM, setelah terjadi gangguan satelit Telkom-1 pada Jumat (25/8).

“Upaya pemulihan dilakukan dengan mengalihkan koneksi dari satelit yang terganggu ke satelit Telkom 3S ataupun satelit lainnya,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman di Jakarta, Minggu (27/8/2017).

Dia mengaku, BI telah menerima laporan dari bank-bank yang terkena dampak dari gangguan Satelit Telkom-1 dan menyimpulkan tidak seluruh ATM mengalami gangguan tersebut. BI berjanji akan terus memantau perkembangan pemulihan gangguan ini dan terus berkoordinasi dengan perbankan. Untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai di masyarakat, tambah dia, BI terus mendukung ketersediaan uang tunai di perbankan dan juga memastikan sistem transfer di perbankan berjalan normal.

“Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) masih berjalan dengan normal,” katanya.