Gubernur Dituding Korupsi Beasiswa, Pemuda Papua Ancam Begini…

Gubernur Dituding Korupsi Beasiswa, Pemuda Papua Ancam Begini…

Sejumlah pemuda yang mengklaim sebagai perwakilan dari organisasi pemuda di lima wilayah adat di Papua berharap pemeriksaan Gubernur Papua Lukas Enembe oleh penyidik Bareskrim Polri tidak dipolitisir. Franklin Ohee, Perwakilan Pemuda Tabi, di Jayapura, Minggu, menilai pemeriksaan hukum terhadap Gubernur Papua yang dilakukan penyidik Bareskrim Polri terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam penggunaan anggaran pendidikan berupa beasiswa untuk mahasiswa Papua pada tahun anggaran 2016, bernuansa politik.

“Yang jadi pertanyaan kami di sini, mengapa mendekati Pilkada ada saja persoalan-persoalan yang dibuat. Lalu mengapa persoalan muncul pada saat mau pesta demokrasi, kita tahu ini mau Pilkada Gubernur sehingga muncul masalah. Jangan karena masalah ini akan menimbulkan konflik yang berkepanjangan, Papua ini tanah damai, jangan karena persoalan ini membuat Papua jadi kacau,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Papua Lukas Enembe dua kali mangkir dari panggilan pemeriksaan sebagai saksi yang dijadwalkan Selasa (22/8) dan Kamis (31/8), dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait penggunaan anggaran pendidikan berupa beasiswa untuk mahasiswa Papua pada tahun anggaran 2016.