Mengelak Tak Terima Suap, Wali Kota Batu: OTT-nya tuh di Mana?

By: On:
Mengelak Tak Terima Suap, Wali Kota Batu: OTT-nya tuh di Mana?

Wali Kota Batu, Provinsi Jawa Timur Eddy Rumpoko membantah telah menerima uang suap untuk melunasi pembayaran mobil Toyota Alphard miliknya.

“Alphard-nya sudah lunas. Itu kepunyaan perusahaan DPUL,” kata Eddy seusai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Minggu (17/9/2017).

Dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Sabtu (16/9) di Batu, tim KPK mengamankan total uang sebeaar Rp300 juta. Diduga pemberian uang terkait fee 10 persen untuk Wali Kota dari proyek belanja modal dan mesin pengadaan mebelair di Pemkot Batu Tahun Anggaran 2017 yang dimenangkan PT Dailbana Prima dengan nilai proyek Rp5,26 miliar.

Diduga diperuntukan pada Wali Kota uang tunai Rp200 juta dari total fee Rp500 juta. Sedangkan Rp300 juta dipotong Filipus untuk melunasi pembayaran mobil Toyota Aplhard milik Wali Kota. Sedangkan, Rp100 juta diduga diberikan Filipus kepada Edi Setyawan sebagai fee untuk panitia pengadaan. Namun, ia pun merasa tidak menerima uang apa pun terkait proyek itu.

“Saya belum terima sama sekali, tidak tahu,” kata Eddy.

Saat ditanya apakah dirinya dijebak, Eddy mempertanyakan OTT yang dilakukan KPK tersebut karena dirinya merasa tidak mengetahui penerimaan uang maupun siapa yang memberi.

“Saya tidak ngomong dijebak tetapi saya ingin mempertanyakan apa yang namanya OTT-nya tuh di mana, gitu lho,” ucap Eddy. (Ant)