Luhut: Pemerintah Sudah Tak Lagi Andalkan Migas

By: On:
Luhut: Pemerintah Sudah Tak Lagi Andalkan Migas

Menteri Koordinator Maritim (Menkomaritim), Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan lomba balap sepeda internasional Tour de Moluccas (TdM) akan berkembang menjadi salah satu event pariwisata berbasis olahraga bergengsi dan terkenal di mancanegara.

“Saya berkeyakinan di tahun-tahun mendatang Tour de Molucca akan berkembang menjadi sport tourism bergengsi di mancanegara, karena ditunjang besarnya potensi sumber daya alam maupun berbagai objek wisata bahari, sejarah dan budaya,” kata Menko Luhut saat Grand Openning TdM dan melepas peserta Cycling for All, di Ambon, Minggu (17/9/2017).

Penyelenggaraan TdM tahun 2017 yang mulai berlangsung 18-22 September dengan rute melintasi tiga kabupaten dan Kota Ambon tersebut akan menjadi tolok ukur untuk penyelenggaraan lomba tersebut di tahun 2018 dan seterusnya.

Menko Luhut menilai kota Ambon maupun kabupaten lainnya di Maluku, kaya akan potensi pariwisata dan hanya tinggal dibenahi serta didorong dan dikelola secara optimal agar berkembang menjadi destinasi pariwisata unggulan di Indonesia maupun mancanegara.

“Jadi pemerintah saat ini tidak lagi mengandalkan sektor minyak dan gas (migas) sebagai penghasil devisa terbesar, tetapi dari sektor pariwisata. Pendapatan dari sektor migas hanya menduduki peringkat tiga dan peringkat pertama adalah pariwisata. Jadi kita genjot terus perkembangan sektor pariwisata di tanah air,” katanya. (Ant)