Pria Srilanka Selundupkan 1kg Emas di Duburnya

Pria Srilanka Selundupkan 1kg Emas di Duburnya

Pihak berwenang di Sri Lanka menangkap seorang pria yang diduga berusaha menyelundupkan emas dan perhiasan seberat 1kg di duburnya.Petugas bea cukai menemukan 904 gram emas, yang bernilai sekitar 4,5 juta rupee Sri Lanka (sekitar Rp400 juta) di dalam rongga dubur terduga pelaku.Pria Sri Lanka berusia 45 tahun itu hendak menuju India namun dihentikan di Bandara Internasional Kolombo.

Peristiwa serupa pernah beberapa kali terjadi dalam beberapa tahun belakangan.Biasanya penyelundup membeli emas di tempat-tempat seperti Dubai dan Singapura, yang harganya lebih murah, dan kemudian membawanya ke India untuk dijual dengan harga lebih mahal.

Seorang petugas bea cukai mengatakan kepada BBC Sinhala bahwa mereka mencurigai pria itu karena “dia berjalan dengan mencurigakan”.Detektor logam kemudian mengidentifikasi barang bawaan tersembunyi itu, “terbungkus dengan baik di dalam kantong polythene dan dengan rapi dimasukkan,” ke dalam rongga dubur, kata petugas bea cukai.

Sesudah diperiksa, “di antaranya ditemukan empat emas kuning batangan, tiga potong emas kuning, enam buah perhiasan emas dan dua perhiasan emas kuning berlapis perak,” kata seorang juru bicara bea cukai.

Minggu lalu seorang perempuan Sri Lanka, juga menuju India, ditangkap oleh bea cukai saat berusaha menyelundupkan 314,5 gram potongan emas di duburnya.(dna/bbc)